Web Blog Pribadi indra Wijaya Kusuma

Information For Us—Kemarin adalah Pelajaran,Hari ini adalah Anugerah,Esok adalah Tantangan—

Alasan Menghindari Layanan Hosting Gratis

Posted by ningrate pada Agustus 2, 2010

Bagi para penulis artikel di web selalunya memilih blogspot, wordpress, typepad dll untuk mempublikasi tulisan. Pada saat sekarang ini tak jarang ditemukan banyaknya situs-situs yang menawarkan layanan hosting gratis dengan kapasitas yang besar dan domain yang gratis pula.

Jika Anda memang serius untuk membuat blog atau website, ada baiknya memilih layanan yang berbayar ketimbang yang gratis. Di bawah ini diantara berbagai alasannya.

1. Pelayanan server hosting bisa mati kapan saja

Tidak ada yang bisa menjamin masa hidup dari server gratis kecuali si pemilik, karena memang tidak ada kontrak antara pengguna dan management server. Sementara sudah lebih dari 100 artikel Anda dalam server tersebut dengan setiap link URL yang mengarah kesitu.

Bayangkan jika secara sepihak si pemilik menghentikan server tersebut, maka setiap link URL yang telah Anda share di Facebook, Twitter, Digg dan lain sebagainya juga akan mati total, dan pada akhirnya semua artikel tidak bisa dibaca. Ya untung sekali jika dikabari sebelumnya dan Anda sempat untuk mem-backup semua artikel, tapi kalau langsung mati total? hilanglah semua tulisan Anda dan tentunya tidak bisa menuntut bukan?.

2. Tidak bisa menjual ruang kosong

Di blogspot, tertulis your “your free hosted blog is not your own property, No Resale of the Service. Unless expressly authorized in writing by Google, you  agree not to reproduce, duplicate, copy, sell, trade, resell or exploit for any commercial purposes”. Jelas walaupun gratis tapi tidak sepenuhnya milik Anda.

Dengan hosting/server berbayar, setiap kapasitas yang tidak terpakai bisa menjadi tambahan income. Anda bisa menjualnya kepada teman, saudara atau kantor.

3. Tidak ada/kurang keamanan

Layanan gratis biasanya kurang budget untuk keamanan. Mereka akan lebih fokus pada perluasan kapasitas harddisk untuk mendapatkan pengguna yang lebih banyak. Keamanan tentunya memakan biaya yang lebih mahal, sementara serangan-serangan hacker pada zaman ini begitu canggih.

Coba pikirkan pentingnya artikel dan data-data Anda.

4. Jangan tertipu dengan domain gratis

Jangan tertipu dengan tawaran manis yang gratis. Pada saat seperti ini tidak ada siapapun yang memberikan layanan gratis tanpa imbalan jangka pendek atau panjang.

Sebagai contoh co.cc dan co.id, dua nama ini berbeda. co.id adalah top level domain sementara co.cc adalah nama website.

Coba pahami domain.co.id dan domain.co.cc sangat berbeda. Ketika membeli domain.co.id artinya Anda memiliki domain tersebut. Tapi ketika membeli domain.co.cc artinya hanya menyewa subdomain co.cc.

Pada saat tertentu mereka akan mematikan layanan tersebut atau mengubah bayarannya yang mana mesti Anda turuti, karena kalau tidak semua link URL artikel dengan domain tersebut akan hilang.

Coba beli dan gunakan nama domain yang benar.

Jika memang Anda mementingkan artikel dan ingin membuat situs yang serius jangan tanggung-tanggung. Carilah nama domain yang benar dan server hosting yang terpercaya, atau setidaknya sudah berdiri beberapa tahun.

Semoga membantu…

Iklan

Satu Tanggapan to “Alasan Menghindari Layanan Hosting Gratis”

  1. saya setuju.. kalau serius exist di dunia online, jangan coba-coba pakai yang gratis. Kecuali untuk testing atau penambahan pengetahuan seputar yang gratis.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: