Web Blog Pribadi indra Wijaya Kusuma

Information For Us—Kemarin adalah Pelajaran,Hari ini adalah Anugerah,Esok adalah Tantangan—

Gigi Sehat dengan Bahan Herbal

Posted by ningrate pada Mei 18, 2010

Senyum indah bisa berawal dari gigi dan gusi sehat. Untuk mendapatkan gigi sehat, kita harus selalu menjaga kebersihannya. Selain menggunakan produk pembersih gigi seperti pasta gigi atau obat kumur, kita juga bisa memanfaatkan bahan alami seperti sayur dan buah untuk membuat gigi dan gusi lebih bersih dan sehat.

Sebelum pasta gigi dan obat kumur modern, penggunaan bahan herbal untuk menjaga kesehatan gigi telah dilakukan nenek moyang kita. Kini, penggunaan bahan herbal makin marak. Simak bahan alami apa saja yang bisa kita manfaatkan untuk kesehatan gigi dan gusi.

Daun sirih
Mungkin Anda masih ingat, kakek dan nenek Anda yang tinggal di desa memiliki kebiasaan mengunyah daun sirih dan kapur. Hal itu mereka lakukan untuk membersihkan dan menguatkan gigi. Minyak atsiri yang terdapat dalam daun sirih bisa menjadi antikuman, antijamur, dan antiradang.

Air rebusan daun sirih juga bisa Anda gunakan untuk mencegah dan menghilangkan masalah bau mulut dan juga radang gusi. Gigi berlubang terasa sakit? Atasi dengan minyak daun sirih. Teteskan minyak itu pada bagian yang berlubang, sakit gigi pun reda.

Kayu siwak
Manfaat kayu siwak untuk merawat gigi sudah lama diketahui bangsa Arab. Siwak mengandung bahan kimia yang dapat membunuh bakteri, menghilangkan plak, dan menjaga kesehatan gusi. Antibacterial acids di dalamnya bisa mencegah infeksi dan menghentikan pendarahan pada gusi. Penggunaan siwak juga berguna mencegah bau mulut dan peradangan, karena bahan ini bisa merangsang produksi air liur (saliva) yang secara alami membersihkan bagian mulut.

Siwak yang dipakai untuk membersihkan gigi bisa berupa batang kayu yang dipakai untuk menyikat gigi, bisa pula berupa bubuk halus yang digosokkan pada gigi. Bubuk halus tersebut bisa menjangkau sela gigi dan menghapus plak atau karang gigi.

Sayuran
Sayuran yang renyah seperti wortel, brokoli, mentimun dan seledri bisa berfungsi sebagai sikat gigi alami. Menggigit sayuran tersebut dalam keadaan segar bisa membantu mengangkat sisa makanan dari gigi dan gusi.

Stroberi
Buah yang satu ini menjadi pemutih gigi alami. Rahasianya terletak pada kandungan asam organik yaitu malic acid pada stroberi. Bahan tersebut bisa mengusir noda di gigi akibat konsumsi minuman bersoda, kopi atau wine.

Stroberi juga bisa membantu memutihkan gigi. Caranya, lembutkan stroberi, campur dengan baking soda, kemudian oleskan pada gigi dan sikat dengan sikat gigi. Lalu berkumurlah hingga bersih. Tambahan baking soda untuk membunuh bakteri yang bisa menyebabkan timbulnya plak dan karang gigi.

Tapi jangan lakukan perawatan itu terlalu sering. Sebab kandungan asam bisa merusak lapisan enamel pada gigi. Anda bisa melakukannya 1-2 pekan sekali.

Daun peppermint
Minyak esensial dalam daun peppermint, yaitu menthol, mampu membersihkan kuman dan bakteri di mulut. Sensasi menthol juga bisa membuat mulut terasa segar dan dingin. Karena itu, peppermint banyak dimanfaatkan sebagai bahan pembuatan pasta gigi, obat kumur, permen penyegar tenggorokan, dan sebagainya.

Sumber:vivanews.com

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: