Web Blog Pribadi indra Wijaya Kusuma

Information For Us—Kemarin adalah Pelajaran,Hari ini adalah Anugerah,Esok adalah Tantangan—

Empaskan Bayern 4-1, Zenit ke Final

Posted by ningrate pada Mei 2, 2008

Jumat, 2 Mei 2008 | 01:33 WIB
MOSKOW, JUMAT
Klub Rusia, Zenit St Petersburg tampil luar biasa di laga kedua semifinal Piala UEFA lawan Bayern Muenchen, Kamis (1/5) atau Jumat dini hari WIB. Klub asuhan Dick Advocaat ini menghajar tamunya 4-0, sekaligus lolos ke babak final.

Dengan hasil itu, Zenit unggul 5-2 atas Bayern secara agregat. Pada pertandingan laga pertama di kandang Bayern, pekan lalu, mereka mampu menahan imbang 1-1.

Di final yang akan digelar di Stadion City of Manchester, 14 Mei nanti, Zenit akan bertemu Glasgow Rangers. Rangers yang bertandang ke kandang Fiorentina menang 4-2 dalam adu penalti, setelah bermain 0-0 selama 120 menit. Sebelumnya, di laga pertama, Rangers dan Fiorentina juga bermain 0-0.

Bagi Zenit, lolos ke final Piala UEFA merupakan prestasi pertama sepanjang sejarahnya. Zenit juga berpeluang menyamai sukses CSKA Moskva yang menjadi klub pertama Rusia menjuarai turnamen ini pada musim 2004-05.

Merasa mendapat dukungan penuh penontonnya, Zenit tampil penuh semangat. Mereka langsung menggebrak sejak awal, hingga memaksa Bayern lebih banyak bertahan.

Pada menit ke-4, serangan Zenit membuat Bayern kesulitan hingga Lucio terpaksa melakukan pelanggaran terhadap Pavel Pogrebnyak. Striker bertenaga itu sendiri yang mengambil tendangan bebas dari luar kotak penalti. Tendangannya akurat dan gagal ditangkap kiper Oliver Kahn, 1-0.

Sejak itu, permainan Zenit semakin bersemangat. Bayern mencoba meladeni permainan terbuka. Franck Ribery tampil bagus dan beberapa kali mengacau lawan. Namun, pertahanan Zenit cukup kuat, hingga Bayern kesulitan membuat peluang.

Sebaliknya, Zenit juga tak henti terus menekan. Permainan yang mengandalkan umpan-umpan pendek sering membuat Bayern kerepotan.

Sebuah kombinasi Fayzulin dan Denisov mampu merobek pertahanan Bayern pada menit ke-39. Zyryanov akhirnya mampu menyelesaikan serangan itu untuk membawa Zenit unggul 2-0.

Memasuki babak kedua, pelatih bayern, Ottmar Hitzfeld, memasukkan Lukas Podolski menggantikan Ze Roberto. Harapannya, serangan Bayern lebih tajam.

Namun, Bayern hanya mampu mebuat peluang demi peluang, tanpa bisa menyelesaikannya. Sebaliknya, Zenit memanfaatkan permainan Bayern yang semakin terbuka.

Pada menit ke-53, gantian Victor Faizulin membobol gawang Oliver Kahn. Gol ini diawali aksi solo run Anyukov di sektor kiri pertaanan Bayern. Setelah berhasil melewati lawan, dia mengirim umpan silang.  Faizulin pun dengan mudah memotongnya dan menggoyang gawang Bayern.

Kedudukan 3-0 itu membuat Bayern semakin kehilangan harapan. Sebab, untuk lolos ke final, setidaknya mereka harus mencetak 4 gol. Permainan mereka pun semakin melemah.

Pada menit ke-73, Pogrebnyak kembali mencetak gol dan melengkapi kemenangan Zenit 4-0. Dia memanfaatkan umpan Dominguez yang sebelumnya mampu melewati Philip Lahm.

Dengan demikian, Pogrebnyak menjadi top skorer Piala UEFA. Dia sudah mencetak 11 gol, unggul satu gol dari Luca Toni.

Kekalahan itu sangat memukul Bayern. Terutama bagi Oliver Kahn yang akhir musim ini akan pensiun. Mereka sebelumnya bertekad menjuarai kompetisi ini demi mengantar Kahn pensiun.

Bahkan Presiden Bayern Muenchen, Franz Beckenbauer mengatakan, “Piala UEFA akan menjadi kenangan indah buat Kahn di saat mengakhiri karier. Meskipun, sebenarnya dia pantas mendapat hadiah Liga Champions sebelum pensiun.” (HPR)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: